Curhat Colongan

Toilet Bersama

Males banget itu waktu kita mau ke toilet kantor trus pemakai sebelumnya ngga ngguyur klosetnya. Dan parahnya di kantor saya kejadian ini terjadi berkali-kali.

Kantor saya ini termasuk kantor yang kecil. Cuma ada 17 pegawai yang separuhnya sudah termasuk kategori sepuh dan orang lokal sini. Di kantor, pegawai wanitanya cuma ada 3 termasuk saya, jadi kamar mandi pun ngga dibuat terpisah. Ada 3 kamar mandi yang bebas dipake siapa aja.

Masalahnya, ada satu dua tiga pegawai di sini yang joroknya ngga ketulungan. Kebiasaan tiap habis *maaf* buang air kecil itu ngga pernah diguyur. Kebayang dong gimana rasanya make toilet setelah yang bersangkutan make?

Dan saya mengalaminya. Baru aja. Mau make toilet yang lain males, soalnya dari tiga toilet itu cuma toilet itu yang modelnya toilet jongkok. Sementara yang dua model toilet duduk. Makin males kan ngebayangin kalo kita make yang toilet duduk? Pikiran saya kalopun ngga diguyur, setidaknya saya ngga menduduki cipratan-cipratan orang. 

Jadilah tadi saya dengan sangat terpaksa nggeguyurin kloset dulu sebelum make. Yaaah anggep aja saya latihan jadi ibu yang punya anak balita yang belum bisa ngguyur pipisnya sendiri.

Sebenernya kejadian ini udah terulang berkali-kali. Bahkan udah pernah diomongin ke kepala kantor dan sampai dibahas pas ada rapat. Malahan di toilet udah ada tulisan Siram Toilet Setelah Pakai, Jagalah Kebersihan, bla bla bla. Tapi entah pada ngga bisa baca atau apa saya juga ngga ngerti. 

Ada yang ngalamin hal serupa ngga? Atau cuma di sini aja yang ada orang joroknya ampun-ampunan?

Please ya, kalau habis make toilet bersama, tolong diguyur sampai warna dan baunya hilang. Hargain dong pemakai yang lain. Kalau di rumah sendiri apa di jalan sih monggo-monggo aja. Oke sip?

14 thoughts on “Toilet Bersama

  1. siiip.. kalau aku sih emang males pake toilet kantor nin..
    toiletnya sih ada 3, tapi kusem gitu kamar mandinya. dan kadang2 ya ada puntung rokok dan bau2 ga sedap gitu deh

    1. Toilet di sini tu baru aja renovasi Mel, tapi kondisinya sekarang sangat memprihatinkan. Ada sih yang bersihin pas pagi sebelum jam kantor, tapi kalo yang make ngga tau diri ya sama juga boong kan?
      Masalahnya sekarang aku ngga pernah pulang pas istirahat, jadi mau ngga mau harus pake toilet kantor deh.
      Doakan aku cepet pindah ke kantor pusat ya Mel.. Bareng kamu juga.. Biar kita segera terbebas dari pengguna toilet tak bertanggung jawab. Aamiin…
      *kecup Amel*

  2. Gw pernah tuh ngalamin yg lebih parah dari *maaf* air pipis yg belum disiram. Rasanya pengen ngamuk sejadi-jadinya. Ya males juga kan yah nyiramin hajar orang laen😯 Mungkin jg udah jadi budaya kali yah. Jgn nyerah buat komplen ke kepala kantor, Nin. Ini soal kenyamanan biarpun cuma toilet😆

    1. Kepala kantornya punya toilet sendiri di ruangannya Nad, jadi ngga pernah ngerasain dapet jackpot.
      Orang Indonesia tu emang kesadarannya agak kurang ya, pikirnya asal dianya ngga rugi ngga papa kali meski orang lain yang menderita.. Hiks..

  3. Iya nin, aku pernah ngalamin kejadian kayak di kantor mu. Suka sebel saat ke wc, ternyata ada yg belum siram. Jorook kan. Jadi ilfil buat pepsi. Akhirnya aq buat tuh tulisan ‘mohon disiram setelah buang air kecil’ *niat banget nulisnya pake di kertas A4* tempel di dinding dlm wc. Alhamdulillah sejak itu gak ada lagi yg suka lupa nyiram…hehehe

    1. emang paling males ya kalo sama orang yang jorok gitu. masih mending itu mba, setelah dikasih tulisan langsung pada nyiram. lha ini udah dipajang tulisan kaya gitu tetep ngga mau nyiram. malah kemaren aku udah ngantriin di depan toilet, yang make itu tetep ngga mau ngguyur. bete kan?

    1. senangnyaaa.. emang kalo pas aku magang di kantor pusat kemaren orangnya pada bersih2..
      kalo orang daerah yang udah sepuh-sepuh mungkin udah kebiasaan kali ya sel.. kan dulu di sini masih hutan-hutuan gitu..😆

Leave a Reply

