Uncategorized

Mengejar Pasar (Terapung)

Hari Kamis dan Jumat minggu lalu saya dan salah satu pegawai diundang untuk menghadiri rapat ke Banjarbaru. Karena acaranya selesai di hari Kamis malam, hari Jumat pagi acara bebas dan kami memutuskan untuk ke Pasar Terapung di Banjarmasin. Kalo saya sih sudah dua kali ke sana, jadi ngga terlalu excited. Tapi karena pegawai dari Tanjung, Barabai, dan Kotabaru pada belum pernah ke pasar terapung, jadilah kita ke sana. Yah itung-itung jadi guide yaa..

Pengalaman saya sebelumnya, waktu saya dan teman-teman sampai di sana sekitar jam 7 pagi, pasarnya sudah sepi banget. Pasar terapung ini memang ramainya pada saat subuh, jadi akhirnya kita merencanakan untuk berangkat dari Banjarbaru jam 4 pagi. Tapi namanya juga orang Indonesia ya, ngga afdol kalo ngga molor. Kenyataannya kami baru berangkat jam setengah 5 pagi aja.

Setelah ngebut ke Banjarmasin, maklum jalanan masih sepi banget, dan sempet mampir pula ke masjid untuk sholat subuh, kami mulai naik perahu klotok sekitar jam setengah 6 yang mana masih gelap banget..

Image
berangkatnya pas masih gelap banget..

Image

Image

Image
pemandangan di sekitar ngga terlalu bagus sih. cuma ada rumah-rumah penduduk..

Image

Image
sempet mau motoin orang lagi nyuci. eh orangnya nengok, jadi buru-buru gerakin hp. fotonya kabur deh..
Image
masjid di pinggir sungai..
Image
kebaca ngga tulisannya? ada yang tau arti Basirih dan Mantuil?
Image
ada ibu-ibu lagi nyuci..
Image
banyak banget yang sikat gigi pake air sungai lho.. padahal airnya keruh..😦

Image

Image

Image
rumah di sekitar sungai emang masih tradisional banget..

Image

Image
ada juga kapal gede..

Image

Image
banyak banget enceng gondok di sungainya..

Image

Image

Image
ada anak-anak lagi mandi. pas difoto malah pada ngeliat gitu. aku kan jadi malu, gerak deh hpnya.. :p
Image
hore.. dah sampai pasar..
Image
sukaaa sama awannya..

Image

Image

Image

Image

Image

Image
perahu pertama yang datengin perahu kita..😀

Image

Image

Image

Image

Image
ada yang naik di atap perahu..
Image
kebanyakan pada jual buah-buahan kaya pisang dan jeruk..
Image
ada juga yang jual wadai alias kue..
Image
wow.. ada yang jual kulit ketupat jugaa..

Image

Image
turis lokal..
Image
mangganya.. mangganya..
Image
sempet nyobain soto banjar di atas perahu. katanya sih piringnya dicuci pake air sungai.. so what? hahahaha..
Image
polisi air..

Image

Image

Image
baru sekali ngeliat the real batu bara..
Image
kapal penarik batu bara..
Image
sekilas kaya tamiya deh.. iya ngga sih? :p
Image
kelihatan ngga tali penarik batu baranya?
Image
ngelewatin pelabuhan Trisakti..

Image

Image
pelabuhan penumpangnya..
Image
kapal ke mana yah? Surabaya atau Semarang?

Image

Image
pabrik pengolah semen..
Image
kantor polisi tepi sungai..

Meskipun sudah tiga kali berperahu klotok ke pasar terapung, tapi perjalanan kali ini melewati rute baru pas pulangnya. Alhamdulillah jadi tahu Pelabuhan Trisakti Banjarmasin untuk pertama kalinya. Dan Alhamdulillah bisa menikmati pagi yang indah di Sungai Barito..

Salaaam..😀

 

11 thoughts on “Mengejar Pasar (Terapung)

  1. Wah, kalau makan ditempat gitu kadang ga perlu tau ya gimana cara nguci ato ngolahnya.. hahahaha.. abis suka ilfil setelahnya. X_X

    tapi pasar terapungnya menarik ya Nin.. harganya mahal2 ga? atau malah jauh lebih murah?

    1. kalo aku sih masa bodo aja kak, daripada ntar ngga jadi icip-icip kalo banyakan dipikirin. hehehehe..

      harganya standar aja sih kak. aku cuman pernah beli buah, kaya pisang n jeruk gitu. harganya sekitar 5ribu-10ribuan gitu..

  2. saya ngurus batubara di sini dan baru lihat poto coal bargingnya dari deket yang diambil langsung orang yang saya kenal. Hihihi.
    Pengen main ke Kalimantan lagiii..😀
    *eh di Kalimantan kan ya Mba Anind?

  3. wah….kalau begitu, apa ya laris ya? kan mepet2in perahu dulu baru bisa transaksi🙂 *pertanyaan aneh*
    itu jauh ya…..aku bayangin udah mabok hehehehe

    eh, piringnya dicuci pake air sungai? jangan2 kuah sotonya juga…hayoooo!!! huahahahahaha

    1. tergantung kita ngambil start dari mana Lu, ada yang jauh, ada yang cuma deket aja ngeperahunya..
      mabok laut ya Lu?

      kayanya ngga cuma kuah soto deh Lu, air tehnya juga deh. :p

  4. pasar terapungnya kok gak ngumpul? mereka terpisah2 gitu ya? kalo ngumpul kan asyik tuh di fotonya bisa warna-warni oleh barang dagangan mereka. btw itu foto ibu2 yg lagi nyuci, barusan kuamati dengan teliti jangan2 bukan nyuci aja die

    1. Apa karena kesiangan ya mba makanya mereka ngga ngumpul?
      Tapi emang 3kali aku ke sana mereka saling panggil gitu trus ntar pada deketin perahu masing2 buat transaksi.

      Emangnya si ibuk lagi ngapain tu mba? Jangan-jangan… Hahaha..
      Kayanya nyuci sambil mandi atau sikat gigi gitu. Kalo bab kan udah ada bilik tersendiri mba.. hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s